Bikin Tikus Nggak Betah di Rumah

Bagi seorang Walt Disney, barangkali tikus adalah makhluk yang lucu sehingga menimbulkan inspirasi untuk menciptakan tokoh Mickey Mouse yang terkenal itu. Tapi kalau kita menemukan tikus berkeliaran di rumah, cukup bikin pusing juga ya? Belum lagi kalau binatang kotor ini membawa panyakit pes dan tidak mudah untuk dibasmi.

Jika Anda pernah menonton film “RAT”, film yang menceritakan tikus jahat pemakan daging, diceritakan kalau tikus adalah makhluk yang punya otak yang cukup pandai. Ketika mengetahui ada temannya yang mati karena makan umpan tikus, tikus yang lainnya akan tahu, dan mereka bisa menghindari umpan yang pernah diberikan ke temannya.  Jadi, jangan heran ketika Anda memasang umpan tikus, ada yang terjebak, tapi di hari-hari berikutnya, tidak ada lagi tikus yang ‘mampir’, karena mereka sudah tahu ‘resiko’ makan umpan tadi.

Tikus memang binatang yang terkenal licik. Tapi manusia tentunya dianugerahi akal yang lebih cerdik dari tikus. Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan untuk menghalau tikus betah di dalam rumah :

  • Memasang Racun Tikus Antikoagulan

Makanan tikus yang mengandung racun ini berbentuk butiran sehingga dapat ditelan oleh tikus. Efek dari racun ini mengakibatkan pendarahan di dalam retina mata tikus, sehingga menurunkan penglihatannya. Sehingga, tikus akan segera lari ke tempat yang lebih terang, dan beberapa hari kemudian akan mati.

Racun ini tidak langsung mematikan tikus, agar tikus-tikus yang lain tidak curiga kalau makanan yang diumpankan tadi mengandung racun. Sehingga, tikus-tikus yang lain bisa memakan racun tadi

  • Memasang Lem Tikus

Memasang lem tikus memang cukup ampuh, tapi kalau tikus-tikus yang lain bisa mempelajari keadaan, mereka akan enggan untuk menghampiri umpan makanan yang dipasang di atas lem ini.

  • Memasang Jebakan Tikus

Cukup ampuh, tapi hanya efektif untuk beberapa waktu saja

  • Menyimpan Jengkerik

Suara yang dituimbulkan jengkerik, ternyata tidak disukai oleh tikus. Jadi, letakkan saja jengkerik ini di dekat jalur yang biasanya dilewati oleh tikus

  • Menutup Saluran Air

Gunakan penutup dari kawat baja, untuk menutup saluran air yang biasanya menjadi celah tikus untuk masuk ke dalam rumah

  • Menyimpan makanan

Simpanlah makanan di dalam wadah yang aman atau di dalam lemari yang tertutup, sehingga keberadaannya jangan sampai diketahui oleh tikus

  • Buang sampah

Sampah yang disimpan di dalam dapur sebaiknya segera dibuang ke luar rumah, agar tidak mengundang tikus

  • Jagalah kebersihan rumah

Bersihkan selalu semua jalur yang berpotensi untuk dilalui tikus. Karena hal itu bisa menghapus jejak tikus sekaligus menghapus kotorannya. Sehingga, tikus tidak akan kembali lagi ke dalam rumah

  • Memelihara Kucing

Tidak diragukan lagi, binatang ini adalah musuh bebuyutan tikus. Sehingga kehadirannya di dalam rumah, akan sedikit memberi ancaman untuk keberadaan tikus di dalam rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s