BEDA CAT EKSTERIOR DENGAN CAT INTERIOR

Apa perbedaan cat untuk interior ataupun eksterior? Cat untuk eksterior (bagian luar rumah) digunakan sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari, sedangkan cat interior (bagian dalam rumah) lebih menonjolkan aspek estetikanya.

Jadi, cat interior jelas tidak bisa digunakan untuk eksterior. Sebaliknya, cat eksterior bisa digunakan untuk interior, tetapi harganya akan menjadi mahal.

Cat interior dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Juga jenis cat tertentu mudah dibersihkan kalau ada noda/kotoran, agar memudahkan perawatan, dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan almost kilap.

Yang juga penting, bebas dari kandungan logam berat misalnya : lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg).

Sedangkan cat eksterior, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan bebas dari kandungan logam berat, juga berfungsi melindungi dinding tembok dari cuaca.

Dinding tembok dengan terpaan sinar matahari, hujan, and perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat dinding luar cepat mengalami kerusakan seperti dinding retak-retak.

Itu perlunya cat yang tahan terhadap cuaca agar tidak mudah rusak. Kerusakan dinding menyebabkan rembesan air pada saat musim hujan ke dinding dalam. Biasanya menimbulkan flek-flek pada dinding dalam.

Di samping itu cat eksterior jenis tertentu dapat menutupi terjadinya retak rambut pada tembok.

Sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s